search

Selasa, 20 Desember 2011

emrit haji/pipit

Emprit Haji atau Lonchura maja adalah burung yang termasuk dalam marga pipit hidup di Semenanjung Melayu dan Sumatera, Jawa, Bali dan pulau-pulau di sekitarnya. Burung ini dinamakan emprit haji karena pada bagian kepala hewan ini berwarna putih yang seolah memakai peci putih yang dalam masyarakat Indonesia dipakai setelah pulang dari haji.


ciri-ciri
bertubuh kecil (11 cm), putih coklat menuju finch. Mirip dengan chesnut Munia namun pucat coklat dan seluruh kepala dan tenggorokan putih. Burung muda coklat pada upperparts dengan hamster dan buff wajah. . Iris-coklat; kaki-biru pucat Suara : bernada tinggi 'pee-pee'.
persebaran dan kebiasaan
Burung ini tersebar di Semenanjung Malaya, Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi, Thailand & Vietnam selatan. Di introduksi di Jepang (Osaka & Okinawa).Di Jawa dan Bali ini adalah burung yang cukup umum dan luas sampai 1500 m. Kebiasaan emprit ini sering berada ditanah untuk makan maupun mengambil rumput untuk dmembuat sarang,emprit ini sering mengunjungi rawa-rawa dan sawah, emprit ini suka memakan padi

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar