search

Kamis, 01 Desember 2011

lovebird

lovebird atau burung cinta adalah satu burung dari sembilan jenis spesies genus Agapornis (dari bahasa Yunani "agape" yang berarti "cinta" dan "ornis" yang bearti "burung"). Mereka adalah burung yang berukuran kecil, antara 13 sampai 17 cm dengan berat 40 hingga 60 gram, dan bersifat sosial. Delapan dari spesies ini berasal dari afrika, sementara spesies "burung cinta kepala abu-abu" berasal dari madagaskar. Nama mereka berasal dari kelakuan yang umum diamati bahwa sepasang burung cinta akan duduk berdekatan dan saling menyayangi satu sama lain. Sifat pasangan burung cinta adalah monogami di alam bebas.

Secara tradisional, lovebird terdiri dari tiga grup besar:
  • 1. Grup dimorfic (berpenampilan fisik beda antara jantan dan betina): Madagascar, Abyssinia dan Red-headed Lovebird
  • 2. Grup menengah: Peach-faced Lovebird
  • 3. Grup kacamata: Black-Masked, Fischer's, Liliane (Nyasa) dan Black-cheeked Lovebirds                      
jenis-jenis lovebird:
1.Black-Masked Lovebird(Agapornis personata)
 ciri-ciri: 14 cm. Sebagian besar hijau, topeng kepala hitam, bulu dada kuning, paruh merah, mata    berkacamata putih

2.Fischer's Lovebird (Agapornis fischeri)
ciri-ciri:14 cm. Sebagian besar hijau, kepala dan bagian tubuh atas oranye, bagian pantat biru, paruh merah, mata berkacamata putih

3.Lilian's Lovebird Nyasa Lovebird (Agapornis lilianae)
ciri-ciri: 13 cm. Sebagian besar hijau, termasuk punggung dan pantat, kepala oranye, paruh merah, mata berkacamata putih

4.Black-cheeked Lovebird (Agapornis nigrigenis)
ciri-ciri:14 cm. Sebagian besar hijau, leher dan bagian belakang kepala coklat, bagian depan kepala coklat kemerahan, bagian dada atas oranye, paruh merah, mata berkacamata putih.

5.Peach-faced Lovebird(Agapornis roseicollis)
ciri-ciri:15 cm. Sebagian besar hijau, muka merah muda, bagian punggung bawah dan pantat berwarna biru, paruh berwarna gading.

6.Black-winged LovebirdAbyssinian Lovebird (Agapornis taranta)
ciri-ciri:16.5 cm. Sebagian besar hijau, paruh merah, beberapa helai sayap hitam. Burung jantan mempunyai warna merah di bagian kepala depan dan atas. Burung betina seluruhnya hijau.

7.Red-faced Lovebird (Agapornis pullarius)
ciri-ciri;15 cm. Sebagian besar hijau dengan merah di leher bagian atas dan kepala. Burung jantan mempunyai warna merah lebih banyak dan lebih gelap pada muka dan kepala. Juga burung jantan mempunyai paruh yang lebih gelap dari burung betina.

8.Grey-headed Lovebird or Madagascar Lovebird (Agapornis canus)
ciri-ciri:13 cm. Sebagian besar hijau dengan hijau gelap di punggung. Warna paruh kelabu muda. Burung jantan berwarna abu-abu di bagian tubuh atas, leher dan kepala.

Black-collared Lovebird or Swindern's Lovebird (Agapornis swindernianus)
ciri-ciri:13.5 cm. Sebagian besar hijau, leher coklat dengan warna hitam di bagian belakang leher, paruh berwarna abu-abu tua atau hitam.

http://id.wikipedia.org/wiki/Burung_cinta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar